Pengertian Surat Pribadi – Ciri-Ciri, Fungsi, Struktur dan Contoh Surat Pribadi dengan Penjelasannya

Posted on

Surat pribadi merupakan surat yang digunakan untuk kepentingan individu atau pribadi yang hanya ditujukan kepada pengirim baik kepada seseorang atau kepada organisasi maupun perusahaan dengan bahasa tidak baku. Meskipun buka termasuk surat resmi, penulisan surat pribadi harus tetap memperhatikan etika dan sopan santun penggunaan bahasa. Bagi anda yang sedang mencari informasi tentang surat pribadi, kali ini Softonic.Co.Id akan membahas secara lengkap tentang Pengertian Surat pribadi, ciri-ciri surat pribadi, fungsi surat pribadi dan struktur surat pribadi lengkap dengan contohnya.

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan individu atau pribadi yang hanya ditujukan kepada pengirim baik kepada seseorang atau kepada organisasi maupun perusahaan. Surat pribadi tidak menggunakan kop surat, nomor surat, salam pembuka maupun penutup. Surat pribadi memiliki bahasa bebas, sesuai dengan keinginan dari penulis dengan format tulisan yang bebas.

Meskipun tidak temasuk jenis surat resmi, surat pribadi tetap harus memperhatikan etika dan sopan santun bahasa. Penulisan surat pribadi menggunakan bahasa baku dan tidak baku dengan isi surat yang disesuaikan dengan keperluannya.

Dilihat dari isinya, surat pribadi dibagi menjadi dua jenis, yaitu surat pribadi tidak resmi dan surat pribadi setengah resmi.

Surat pribadi tidak resmi adalah surat yang ditujukan kepada kerabat atau keluarga. Biasanya menggunakan bahasa yang tidak baku namun tetap memperhatikan etika sopan santun dalam penulisannya.

Surat pribadi setengah resmi adalah surat yang dibuat secara pribadi namun ditujukan kepada pejabat atau kepada organisasi sengan menggunakan bahasa baku dan aturan-aturan tertentu.

Ciri-Ciri Surat Pribadi

Surat pribadi dapat dibedakan dari karakteristiknya dengan memiliki ciri-ciri sebagai berikut, yaitu:

  • Surat pribadi tidak memiliki kop surat
  • Surat pribadi tidak memiliki nomor surat
  • Surat pribadi memiliki format surat lebih bebas
  • Surat pribadi memiliki salam pembuka dan penutup yang bervariasi
  • Surat pribadi menggunakan bahasa yang tidak formal.

Fungsi Surat Pribadi

1. Mengekspresikan Perasaan
Karena bersifat pribadi, maka biasanya surat pribadi digunakan untuk keperluan personal seperti untuk mengekpresikan perasaan seseorang. Contohnya surat cinta untuk kekasih.

2. Menyampaikan Ide dan Gagasan
Fungsi surat pribadi selanjutnya biadanya digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada oranglain. Karena dengan surat biasanya seseorang dapat menyampaikan ide dan gagasan secara bebas.

3. Mengembangkan Kemampuan Bahasa
Selain untuk menyampaikan pesan kepada penerima, menulis surat juga berfungsi untuk membantu seseorang dalam mengembangkan kemampuan berbahasa.

Struktur dan Contoh Surat Pribadi

Pada proses pembuatan surat pribadi terdapay beberapa bagian atau struktur yang saling melengkap isi surat. Berikut ini beberapa struktur dalam surat pribadi berdasarkan contoh surat pribadi dibawah ini.

Contoh Surat Pribadi

Pringsewu, 23 April 2020

Teruntuk Adikku Tercinta, Meida
Di Surabaya

Assalamualaikum Wr. Wb

Hallo Meida sayang, apa kabarmu dek? semoga selalu sehat yaa. Kakak disini Alhamdulillah sehat dan baik-baik saja. Gimana kabar bunda, ayah, dan dek ami? Aku harap bunda, ayah, dan dek ami juga semuanya baik-baik saja.

Dek, kakak sebenernya kangen banget sama adek. Kakak ingin ceritakan semua hal yang kakak rasain disini sama kamu, sama bunda, sama ayah, juga sama dek ami. Pokoknya, kakak kaaangeeeen banget sama kalian semua. Kakak disini sendirian sepi dek, kakak kangen ngejailin kamu. Hehe

Oh iya, gimana ujian semester kamu kemarin? Lancar kan?. Kakak harap hasil ujiannya baik ya dek. Dan, semoga di ujian kenaikan kelas kali ini kamu berhasil masuk ke sepuluh besar. Aamiin.

Dek, kakak punya kabar gembira nih buat kamu, bunda, ayah, dan dek ami. Alhamdulillah, kemarin kakak berhasil naik jabatan. Pastinya ini tak lepas dari doa bunda dan ayah ya. Dan sebagai rasa syukurnya, kakak ada hadiah buat kalian semua. Hadiahnya sudah kakak berikan bersamaan dengan datangnya surat ini ya.

Semoga kamu, bunda, ayah, dan dek ami suka ya. Memang nggak mahal sih, tapi mungkin bisa lebih berguna buat kalian semua. Doakan kakak disini kerjaannya lancar ya dek.

Oh iya, satu lagi kabar gembiranya. Kemungkinan liburan panjang minggu depan kakak akan pulang ke Surabaya. Sesuai dengan biasanya, kakak akan membawakan kamu oleh-oleh pie susu yang sangat kamu suka. Tunggu kedatangan kakak ya.

Mungkin cukup sekian aja dulu ya dek. Pesan dari kakak jangan lupa belajar dan nurut ya sama bunda dan ayah. Terus jangan bandel dan nakal lagi. Kakak sayang banget sama kamu. Love you muachh…

Dari Kakak Tercantik
Virzha

Struktur Surat Pribadi

Alamat dan Tanggal Penulisan Surat

Struktur ini berisi alamat dan tanggal si pengirim pada saat mengirim surat serta alamat penerima surat yang ditulis secara singkat.

Contoh:
Pringsewu, 23 April 2020

Teruntuk Adikku Tercinta, Meida
Di Surabaya

Salam Pembuka

Salam pembuka adalah sapaan pengirim sebelum menulis isi surat. Kita dapat menggunakan kalimat sapaan seperti kalimat salam :

  • Asalamualaikum
  • Salam manis
  • salam sejahtera, dan lain-lain.

Paragraf Pembuka

Paragraf pembuka berupa pertanyaan awal seperti menanyakan kabar, kesehatan atau kalimat basa-basi lainnya.

Contohnya :

Hallo Meida sayang, apa kabarmu dek? semoga selalu sehat yaa. Kakak disini Alhamdulillah sehat dan baik-baik saja. Gimana kabar bunda, ayah, dan dek ami? Aku harap bunda, ayah, dan dek ami juga semuanya baik-baik saja.

Paragraf Isi

Paragraf isi merupakan inti atau tujuan anda menulis surat tersebut. Meskipun jenis surat pribadi, anda tetap harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami agar isi pesan dalam surat dapat tersampaikan dengan baik.

Contoh:

Dek, kakak sebenernya kangen banget sama adek. Kakak ingin ceritakan semua hal yang kakak rasain disini sama kamu, sama bunda, sama ayah, juga sama dek ami. Pokoknya, kakak kaaangeeeen banget sama kalian semua. Kakak disini sendirian sepi dek, kakak kangen ngejailin kamu. Hehe

Oh iya, gimana ujian semester kamu kemarin? Lancar kan?. Kakak harap hasil ujiannya baik ya dek. Dan, semoga di ujian kenaikan kelas kali ini kamu berhasil masuk ke sepuluh besar. Aamiin.

Dek, kakak punya kabar gembira nih buat kamu, bunda, ayah, dan dek ami. Alhamdulillah, kemarin kakak berhasil naik jabatan. Pastinya ini tak lepas dari doa bunda dan ayah ya. Dan sebagai rasa syukurnya, kakak ada hadiah buat kalian semua. Hadiahnya sudah kakak berikan bersamaan dengan datangnya surat ini ya.

Semoga kamu, bunda, ayah, dan dek ami suka ya. Memang nggak mahal sih, tapi mungkin bisa lebih berguna buat kalian semua. Doakan kakak disini kerjaannya lancar ya dek.

Oh iya, satu lagi kabar gembiranya. Kemungkinan liburan panjang minggu depan kakak akan pulang ke Surabaya. Sesuai dengan biasanya, kakak akan membawakan kamu oleh-oleh pie susu yang sangat kamu suka. Tunggu kedatangan kakak ya.

Paragraf Penutup

Paragraf penutup berada dibagian akhir surat biasanya menggunakan kalimat penutup seperti terimakasih, permohonan diri dan sebagainya.

Contoh:

Mungkin cukup sekian aja dulu ya dek. Pesan dari kakak jangan lupa belajar dan nurut ya sama bunda dan ayah. Terus jangan bandel dan nakal lagi. Kakak sayang banget sama kamu. Love you muachh…

Nama Pengirim
Pada jenis surat pribadi ada yang menambahkan nama pengirim dibagian bawah penutup, ada juga yang tidak menggunakannya.

Contohnya.

Dari Kakak Tercantik

Virzha

Itulah Pengertian Surat Pribadi – Ciri-Ciri, Fungsi, Struktur dan Contoh Surat Pribadi yang dapat anda jadikan sumber referensi. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.