Materi Proposal LENGKAP – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Unsur dan Contoh Proposal dengan Penjelasannya

Posted on

Proposal merupakan sebuah rancangan yang ditulis untuk menjelaskan rencana dan tujuan suatu kegiatan secara sistematis dan terperinci untuk dijadikan sebagai pedoman kerja dalam melaksanakan kegiatan yang direncanakan. Proposal berfungsi untuk mendapatkan ijin atau persetujuan dari pihak tertentu tentang rancangan kegiatan yang dilakukan. Bagi anda yang sedang mencari informasi tentang surat lamaran kerja, kali ini Softonic.Co.Id akan membahas secara lengkap tentang Pengertian prososal,

Pengertian Proposal

Proposal adalah sebuah rencana yang dituliskan dalam bentuk rancangan kegiatan yang dijelaskan secara sistematis dan terperinci yang biasanya dijadikan sebagai acuan atau pedoman pelaksanaan kegiatan.

Selain itu, proposal juga diartikan sebagai tulisan yang dibuat untuk menjelaskan suatu tujuan atau rencana kegiatan kepada pembaca sehingga pembaca dapat memahami tentang tujuan kegiatan yang dibuat secara jelas. Umumnya, proposal merupakan sebuah program yang sifatnya hanya usulan tertulis untuk melakukan kegiatan yang ditujukan kepada pihak-pihak yang berkaitan dengan kegiatan yang dibuat.

Sedangkan secara etimologis, Proposal berasal dari kata Bahasa Inggris “Propose” yaitu pengajuan/mengajukan atau permohonan. Yang artinya pihak pembuat proposal akan memberikan proposal untuk menawarkan suatu ide, gagasa, atau rencana terhadap pihak lain agar mendapatkan suatu dukungan. Dukungan yang diberikan dapat berupa persetujuan, ijin, dana dan lain-lain.

Pengertian Proposal Menurut Ahli

Ada juga beberapa ahli yang mengeluarkan pendapatnya mengenai definisi Proposal. Berikut ini beberapa pengertian Proposal menurut ahli.

  • Menurut KBBI, proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.
  • Menurut Hadi, proposal adalah Susunan yang terstruktur dalam sebuah agena kerjasama bisnis antara lembaga, perusahaan, usulan kegiatan dan pemecahan masalah.
  • Menurut Hasnun Anwar, Proposal adalah sebuah rencana yang disusun untuk suatu kegiatan tertentu.
  • Menurut Jay, Proposal adalah sebuah metode manajemen standar agar manajemen organisasi dapat berfungsi dengan efektif dan efisien.
  • Menurut Keraf, proposal adalah sebagai saranan atau sebuah permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk melakukan suatu pekerjaan.
  • Menurut Rieefky, proposal adalah bentuk rancangan kegiatan dalam bentuk formal dan standar. Dengan penulisan proposal merupakan langkah penggabungan dari berbagai rencana yang telah dibuat pada tahap-tahap sebelumnya.

Fungsi Proposal

Dilihat dari pihak pembuat dan penerimanya, proposal memiliki beberapa fungsi berdasarkan bidangnya, seperti dibawah ini:

  • Dibidang usaha dan bisnis, proposal berfungsi sebagai bentuk perkiraan dalan proyeksi ketika mendirikan suatu usaha atau bisnis.
  • Dibidang penelitian, proposal berfungi sebagai gambaran dasar untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan sosial, budaya, ekonomi, agama dan lainnya.
  • Didalam sebuah proyek, proposal berfungsi sebagai dasar ketika melakukan tender, baik dari lembaga pemerintah atau swasta.
  • Dalam sebuah kegiatan, proposal berfungsi memberikan informasi tentang kegiatan yang akan dibuat lalu mengajukan dana untuk tercapaikan kegiatan. Contoh proposal pengajuan dana seperti seminar, pelatihan dan lain-lain.

Tujuan Proposal

Secara umum, tujuan dibuatnya proposal adalah untuk mendapatkan ijin maupun persetujuan dari suatu pihak terkait dengan rencana atau rancangan yang tertuang pada isi proposal.

Selain untuk mendapatkan persetujuan, dibuatnya proposal juga untuk mengajukan permohonan dana atau sponsorship dengan melakukan kerjasama dengan pihak lain.

Dalam pembuatan sebuat proposal, biasanya selain berisi rincian kegiatan yang dilaksanakan juga terdapat rincian dana yang dibutuhkan dalam pelaksanaannya. Karena itulah, sebuah proposal harus memuat isi yang dapat dimengerti dan dipahami oleh pihak lain yang dimintai persetujuan ataupun permohonan dana.

Jenis Proposal

Mengacu pada penjelasan diatas, proposal dibagi menjadi 4 jenis, yaitu proposal bisnis, proposal kegiatan, proposal penelitian dan proposal proyek. Berikut penjelasannya.

1. Proposal Bisnis
Proposal bisnis adalah jenis proposal yang berkaitan dengan hubungan bisnis, baik secara perseorangan ataupun kelompok. Contohnya proposal pengajuan kerjasama antar perusahaan dan lain- lain.

2. Proposal Kegiatan
Proposal kegiatan adalah proposal yang berisi rancangan kegiatan yang biasanya digunakan sebagai pengajuan permohonan dana kepada pihak tertentu, dan pihak penyelenggara kegiatan akan menawarkan sesuatu yang bermanfaat bagi donatur sebagai bentuk kompensasi. Contohnya memberikan space iklan pada banner yang dibuat.

3. Proposal Penelitian
Proposal penelitian adalah jenis proposal yang sering digunakan pada dunia akademis seperti proposal kegiatan penelitian pada suatu perusahaan untuk membuat skripsi, tesis, dan lainnya.

4. Proposal Proyek
Proposal proyek merupakan jenis proposal yang biasanya digunakan pada dunia bisnis yang isinya berupa rancangan rencana kegiatan suatu proyek. Contohnya, proposal proyek pembangunan jalan yang diajukan desa ke pemerintahan.

Bentuk Proposal

Proposal dibagi menjadi 3 bentuk, yaitu Proposal Formal, Proposal Semi Formal dan Proposal Non Formal, berikut penjelasannya:

1. Proposal Formal
Proposal formal memiliki struktur isi lengkap yang terdiri dari tiga bagian, yaitu pendahuluan, isi dan penutup.

Pendahuluan merupakan bagian yang terdiri dari sampul, halaman judul, kata pengantar, ikhtisar, daftar isi, dan pengesahan atau permohonan. Isi merupakan bgaian yang teridir dari latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan, anggapan atau pemikiran dasar, metodologi penelitian, fasilitas, personalias keuntungan, kerugian waktu, anggaran dana dalan lain-lain.Penutup merupakan bagian terdiri dari daftar pustaka, lampiran dan lain-lain.

2. Proposal Non Formal
Proposal Non Formal memiliki struktur susunan yang tidak lengkap seperti Proposal Formal. Proposal Non Formal biasanya disampaikan dalam bentuk surat yang isinya seperti permasalahan, saran,
pemecahan masalah dan pengesahan permohonan.

3. Proposal Semi Formal
Proposal Semi Formal memiliki bentuk yang mirip dengan proposal non formal dengan isi tidak lengkap dan tidak memenuhi syarat sebagai proposal formal.

Unsur Proposal

Proses pembuatan proposal terdiri dari beberapa unsur penting yang isinya tergantung jenis proposal yang dibuat. Berikut ini beberapa unsur dalam proposal dan penjelasannya.

1. Nama Kegiatan (Judul)
Nama kegiatan atau judul kegiatan merupakan gambaran proposal secara umum.

2. Latar Belakang
Latar belakang pada proposal berisi alasan perlunya diadakan kegiatan tersebut. Latar belakang menjelaskan secara rinci dan singkat dari pokok masalah serta harus berdasarkan isi dan tujuan proposal.

3. Rumusan Masalah
Unsur ini berisi masalah yang harus diungkapkan dan harus berkaitan dengan objek kegiatan atau penelitian. Masalah harus ditetapkan berdasarkan apa yang digambarkan pada bagian pendahuluan, latar belakang atau dasar pemikiran.

4. Tujuan Kegiatan
Bagian ini berisi tujuan kegiatan yang akan dilakukan. Jelaskan tujuan secara rinci agar manfaat dan inti dapat terlihat oleh pembaca.

5. Sasaran
Sasaran merupakan diadakannya kegiatan tersebut ditujukan kepada siapa.

6. Pelaksanaan atau Teknik Pelaksanaan
Pelaksanaan merupakan cara penyelesaian masalah yang diajukan dalam proposal, sedangkan teknik permasalahan disampaikan untuk menyakinkan penerima proposal jika permasalahan tersebut bisa diselesaikan secara tepat.

7. Jadwal Pelaksanaan
Jadwal Pelaksanaan menggambarkan tentang kapan pelaksanaan kegiatan tersebut, seperti waktu, jenis kegiatan dan orang yang bertanggung jawab menangani kegiatan tersebut.

8. Anggaran
Anggaran merupakan biaya yang dibutuhkan agar permasalahan dapat terselesaikan. Unsur ini menyajikan anggaran secara efisien, objektif, dan logis yaitu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi yang dibutuhkan.

9. Penutup
Penutup proposal berisi kesimpulan, harapan, tempat, tanggal penyusunan proposal dan tanda tangan penanggung jawab proposal.

Contoh Proposal 

Proposal Kegiatan Perpisahan SMK Tunas Harapan Bangsa

Latar Belakang

Perpisahan dan pelepasan siswa kelas XII merupakan agenda rutin sekolah yang dilaksanakn setiap tahun setelah semua proses pembelajaran kelas XII selesai atau setelah ujian nasional selesai dilaksanakan di SMK Tunas Harapan Bangsa . Selain sebagai ajang silaturahmi antarsiswa, orang tua, dan warga sekolah, acara ini juga sebagai prosesi melepas siswa kelas XII yang telah menyelesaikan masa belajarnya selama tiga tahun di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Mereka akan kembali ke tengah-tengah masyarakat sebagai pribadi yang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak dalam menentukan masa depannya, untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi atau memasuki dunia kerja.

Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut adalah:

  • Sebagai ajang silaturahmi antarsiswa kelas XII, guru dan warga sekolah lainnya
  • Lebih mengakrabkan dan menghidupkan rasa kebersamaan siwa kelas XII yang sebentar lagi menjadi alumni SMK Tunas Harapan Bangsa
  • Refresing setelah pelaksanaan berbagai kegiatan dan aktivitas pembelajaran, ujian sekolah, dan ujian nasional

Nama Kegiatan

Nama Kegiatan ini adalah Perpisahan dan Pelepasan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2018/ 2019 SMK Tunas Harapan Bangsa.

Tema Kegiatan

Tema perpisahan dan pelepasan ‘Raih Cita-cita dan Prestasi yang Tinggi Sambut Globalisasi dengan Penuh Semangat’.

Bentuk Kegiatan

Acara Perpisahan dan Pelepasan Siswa kelas XII SMK Tunas Harapan Bangsa.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Terlampir

Sumber Dana
Terlampir

Acara Pelaksanaan
Terlampir

Peserta

Siswa kelas XII : 200 orang
Panitia: 10 orang
Guru Pendamping: 6 orang
Jumlah: 216 orang

Susunan Panitia
Terlampir

PENUTUP

Diharapkan dengan adanya acara perpisahan dan pelepasan siswa kelas XII SMK Tunas Harapan Bangsa dapat mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antar semua warga sekolah serta memperluas cakrawala pengetahuan dan wawasan siswa juga mengenal budaya dan wilayah Negara Indonesia selain kota Bekasi. Untuk itu kami sangat mengharapkan dukungan moral, materi dan partisipasi semua pihak agar acara dan kegiatan ini terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi siswa saat ini dan masa yang akan datang.

Ketua Pelaksana

AMRUL MUTAKIN

Itulah Materi Proposal LENGKAP – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Unsur dan Contoh Proposal yang dapat anda jadikan sumber referensi. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.