Pengertian Paragraf – Fungsi, Ciri-ciri, dan Jenis-Jenis Paragraf Lengkap

Posted on

Paragraf adalah susunan kalimat yang memiliki satu ide pokok dengan cara penulisan menggunakan garis baru atau sedikit menjorok kedalam. Paragraf disebut juga dengan alinea. Dalam paragraf terdapat susunan kalimat yang saing berhubungan satu dengan lainnya sehingga membentuk informasi. Berdasarkan isi dan fungsinya paragraf terdiri dari beberapa jenis. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan lengkap tentang pengertian paragraf, fungsi paragraf, ciri-ciri paragraf dan jenis-jenis paragraf.

Pengertian Paragraf

Paragraf adalah susunan kalimat dari kumpulan ide pokok yang kedudukannya lebih tinggi dan lebih luas dibandingkan dengan kalimat. terdapat pemikiran tentang definisi lain dari paragraf adalah bagian dari sebuah karangan yang isinya tentang informasi dari susunan beberapa kalimat dari penulis untuk pembaca dengan pikiran utama sebagai pusat dan pikiran penjelas sebagai pendukung. Paragraf juga dikenal dengan alinea.

Paragraf terdiri dari susunan kalimat yang saling berhubungan satu sama lain sehingga menghasilkan rangkaian informasi bagi pembaca. Paragraf juga diartikan sebagai bagian dari penuangan ide melalui beberapa kalimat yang saling berkaitan dengan satu tema. Paragraf disebut juga dengan karangan singkat karena dalam satu paragraf hanya terdapat beberapa kalimat namun sudah terdapat tema didalamnya.

Selain definisi diatas, ada juga beberapa ahli yang mengeluarkan pendapatnya mengenai definisi Paragraf. Berikut ini beberapa pengertian paragraf menurut ahli.

Menurut Lamuddin Finoza (2004:149), Paragraf adalah satuan bentuk bahasa yang terdiri dari beberapa penggabungan kalimat.

Menurut Akhaidah dkk (1999:144), Paragraf adalah bentuk penyaluran pikiran yang didukung dengan adanya kalimat penyusun dalam paragraf tersebut, seperti kalimat pengenal, kalimat utama atau topik, kalimat penjelas hingga kalimat penutup. Susunan kalimat pada paragraf saling berkaitan hingga menjadi rangkaian yang membentuk suatu gagasan.

Menurut Arifin dan S. Amran Tasai (2006:125), paragraf adalah kumpulan kalimat yang isinya berupa gagasan atau topik yang merupakan sebuah kesatuan pikiran atau saling berkaitan dalam membentuk gagasan atau topik tersebut.

Menurut Gorys Keraf (1979:62), paragraf adalah kesatuan pikiran yang lebih tinggi dan lebih luas dibandingkan kalimat dan susunan dari kalimat yang berkaitan dalam rangkaian untuk membentuk gagasan.

Menurut Ramlan (2010: 23), paragraf adalah salah satu bagian karangan yang terdiri dari beberapa kalimat yang berisi informasi dengan ide pokok sebagai pengendaliannya.

Menurut Handayani dkk, paragraf adalah himpunan kalimat yang saling berkaitan sehingga menjadi sebuah ide atau gagasan baru.

Menurut Wiyanto, paragraf adalah sekelompok kalimat yang satu sama lain saling berhubungan untuk menjelaskan satu unit pokok pikiran.

Fungsi Paragraf

Dalam suatu tulisan atau karangan, paragraf memiliki beberapa fungsi umum, yaitu:

  • Paragraf dapat digunakan untuk mengekspresikan suatu gagasan, hal ini karena paragraf bis amemberikan suatu gagasan atau perasaan lewat rangkaian susunan kalimat sehingga membentuk kesatuan ide pokok.
  • Paragraf berfungsi juga sebagai tanda peralihan adanya gagasan baru pada pragraf selanjutnya. Biasanya dalam satu karangan terdiri dari beberapa paragraf dan di setiap paragrafnya terdapat gagasan yang berbeda-beda namun masih memiliki ide pokok yang sama disetiap paragrafnya.
  • Adanya paragraf dalam suatu karangan akan memudahkan pembaca untuk memahami isi dari karangan yang dibaca dan memudahkan penulis untuk menuangkan gagasannya.
  • Paragraf berfungsi untuk membantu proses pengembangan topik menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah disampaikan melalui pembagian paragraf.
  • Paragraf berfungsi memudahkan penulis dalam mengendalikan variabel dalam karangan sehingga akan lebih mudah dimengerti.

Ciri-Ciri Paragraf

  • Paragraf memiliki gagasan utama yang disampaikan pada setiap kalimat yang ditulis pengarangnya.
  • Paragraf memiliki kalimat topik dan kalimat pengembang yang digunakan untuk menyampaikan gagasan utama pada karangannya.
  • Paragraf memiliki kalimat penjelas yang isinya rincian dari kalimat topik.
  • Penulisan pada awal paragraf biadanya dibuat agak mejorok ke dalam, biasanya dengan jarak satu tab atau beberapa spasi.
  • Sebuah paragraf biasanya minimal terdiri dari 2 kalimat.

Jenis Jenis Paragraf

Paragraf dikelompokkan menjadi beberapa jenis dan setiap jenisnya terdiri dari beberapa sub jenis lainnya. Berikut penjelasannya.

Jenis Paragraf Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, paragraf dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu Paragraf pembuka, Paragraf isi, Paragraf penghubung dan Paragraf penutup. Berikut penjelasannya.

  • Paragraf pembuka terletak di paragraf awal dalam karangan yang berfungsi untuk menarik perhatian pembaca terhadap seluruh isi dalam karangan.
  • Paragraf isi dalam karangan yang isinya bagian-bagian utama dalam tulisan tersebut.
  • Paragraf penghubung berfungsi menghubungkan setiap paragraf dalam karangan sehingga menjadi satu kesatuan karangan yang menarik untuk dibaca.
  • Paragraf penutup berisi kesimpulan, rangkuman, saran, haran, penegasan tentang poin-poin dalam karangan.

Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Gagasan Utama

Berdasarkan letak gagasan utamanya, paragraf dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu Paragraf Deduktif, Paragraf Induktif, Paragraf Ineratif, dan Paragraf Campuran. Berikut penjelasannya.

  • Paragraf Deduktif adalah jenis paragraf yang letak gagasan utamanya ada dibagian awal paragraf.
  • Paragraf Induktif adalah jenis paragraf yang letak gagasan utamanya ada dibagian akhir paragraf.
  • Paragraf Ineratif adalah jenis paragraf yang letak gagasan utamanya ada dibagian tengah paragraf.
  • Paragraf Campuran adalah jenis paragraf yang letak gagasan utamanya ada dibagian awal dan akhir paragraf.

Jenis Paragraf Berdasarkan Isi

Berdasarkan isinya, paragraf dibedakan menjadi 5 jenis, yaitu Paragraf eksposisi, Paragraf deskripsi, Paragraf narasi, Paragraf persuasi dan Paragraf argumentasi. Berikut penjelasannya:

  • Paragraf eksposisi adalah jenis paragraf yang isinya menjelaskan informasi kepada pembaca secara singkat dan jelas.
  • Paragraf deskripsi adalah jenis paragraf yang isinya menjelaskan sebuah peristiwa atau keadaan dalam tulisan sehingga membuat pembaca dapat melihat, mendengar dan merasakan peritiwa yang ada pada paragraf.
  • Paragraf narasi adalah jenis paragraf yang isinya menjelaskan peristiwa agar pembaca merasa terhibur atau terharu.
  • Paragraf persuasi adalah jenis paragraf yang isinya berupa ajakan atau rayuan agar pembaca terpengaruh dan membuat pembaca tertarik dengan gagasan yang dituliskan pada karangan.
  • Paragraf argumentasi adalah jenis paragraf yang berisi argumentasi yang meyakinkan pada suatu masalah sehingga pembaca dapat menerima gagasan yang sampaikan pada karangan.

Itulah Pengertian Paragraf – Fungsi, Ciri-ciri, dan Jenis-Jenis Paragraf Lengkap dengan Penjelasannya, yang dapat anda jadikan sumber referensi. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.