Autobiografi – Pengertian Autobiografi, Ciri-Ciri, Tujuan, Jenis dan Contoh Autobiografi Lengkap

Posted on

Autobiografi atau otobiografi merupakan jenis biografi yang isinya menceritakan kisah kehidupan yang dibuat oleh penulis itu sendiri sehingga cerita yang disajikan merupakan sudut pandang orang pertama. Dibuatnya autobiogarafi tentunya terdapat tujuannya, selain itu dalam autobiogafi juga terdapat ciri-ciri, jenis dan struktur penulisan yang benar. Untuk itu, lebih lengkapnya simak penjelasan lengkap tentang pengertian Autobiografi, Ciri-Ciri, Tujuan, Jenis dan Contoh Autobiografi dibawah ini.

Pengertian Autobiografi

Autobiografi adalah salah satu jenis biografi yang berisi cerita tentang perjalanan kisah kehidupan pribadi yang ditulis oleh dirinya sendiri dan umumnya cerita yang dituliskan mulai dari masa kecil hingga waktu yang ditentukan oleh sang penulis itu sendiri.

Sedangkan ada pendapat lain yang mendefinisikan otobiografi adalah sebuah biografi yang ditulis sendiri oleh subjeknya atau ditulis bersama-sama dengan penulis lain dan disebutkan dengan “sebagaimana diceritakan”.

Definisi lain Autobiografi menurut Wikipedia yaitu, Kata “autobiografi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu autos yang artinya adalah Sendiri, bios yang artinya adalah Hidup, dan graphein yang artinya adalah Menulis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa autobiografi adalah kisah hidup yang ditulis sendiri oleh tokohnya.

Biasanya dalam autobiografi berisi kisah lika-liku atau proses kehidupan tokoh ketika berada dimasa-masa sulit, kegagalan, kesedihan, kebahagiaan hingga kondisi sekarang. Selain itu penulisan autobiografi juga menggunakan sudut pandang pertama sehingga menggunakan kata “aku, saya” hal ini tentu berbeda dengan cara penulisan biografi yang menggunakan sudut pandang orang ke-3.

Ciri-Ciri Autobiografi

  • Autobiografi berisi kisah perjalanan hidup yang ditulis oleh tokoh itu sendiri atau dengan bantuan penulis lain dengan isi cerita sesuai dengan pengalaman sang tokoh itu sendiri.
  • Autobiografi berisi informasi tentang kisah kehidupan tokoh itu sendiri mulai dari kehidupan dimasa-masa sulit hingga masa-masa kesuksesan.
  • Autobiografi berisi informasi yang bersifat positif, bahkan biografi sering ditulis sebagai pencitraan seorang tokoh politik.
  • Autobiografi ditulis agar masyarakat dapat lebih mengenal atau tau tentang apa yang dilakukan oleh tokoh tersebut selama hidupnya, sehingga pembaca dapat mengambil hikmah dan pelajaran berharga didalamnya.

Tujuan Autobiografi

Dibuatnya autobiografi sudah pasti didalamnya terdapat tujuan tertentu, berikut ini beberapa tujuan autobiografi, antara lain:

  • Autobiografi untuk mengenalkan diri sendiri secara detail dan rinci kepada oranglain.
  • Autobiografi memberikan gambaran perjalanan, pendidikan dan kisah inspiratif tentang kesuksesan seseorang dalam berbagai bidang, seperti di kehidupan pribadi, karir, bisnis dan lainnya.
  • Autobiografi digunakan juga untuk mempromosikan atau sebagai pencitraan seseorang kepada publik.

Jenis Jenis Autobiografi

Sebelum menulis Autobiografi, sebaiknya penulis terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis Autobiografi agar penulis mengetahui tujuan dibuatnya kisah hidup perjalanan melalui autobiografi sekaligus mengetahui pemilihan format yang tepat dalam menceritakannya. Berikut ini adalah beberapa jenis Autobiografi, yaitu:

Otobiografi Lengkap (Tradisional)

Otobiografi lengkap adalah jenis otobiografi yang isinya menjelaskan kisah perjalanan hidup tokoh secara lengkap, mulai dari kelahiran, masa kanak-kanak, masa muda, dewasa hingga saat proses penulisan otobiografi. Jenis otobiografi ini dapat dipilih jika anda memiliki kehidupan yang sangat unik, menarik, berbeda dari kisah perjalanan orang lain dan dapat dijadikan sebagai kisah inspiratif bagi pembacanya.

Spiritual

Meskipun pengalaman spiritual atau keagamaan setiap orang merupakan sesuatu yang pribadi, namuan banyak orang yang merasa dengan membagikan pengalaman kisah spiritualnya menjadi sebuah tugas dan kehormatan sehingga berharap banyak pembaca yang tertarik untuk ikut kedalam keyakinan penulis atau sedekat untuk meningkatkan kehidupan rohani pembaca.

Memoar

Memoar adalah jenis autobiografi yang berisi gambaran perjalanan kisah hidup seseorang yang lebih menonjolkan bagian tertentu dan bisa dijadikan sebagai pengalaman berhrga serta menjadi inspirati bagi pembacanya. Terdapat banyak jenis memoar autobiografi yang dibuat berdasarkan waktu, tempat, filosofi, pekerjaan dan lainnya.

Masalah Psikologis

Masalah Psikologis adalah jenis autobiografi yang berisi perjalanan hidup seseorang yang mengalami masalah mental. Bagi banyak orang menulis dapat dijadikan sebagai tempat untuk menuangkan apa yang mereka pikirkan sehingga membuat pikiran mereka lebih tenang dan lebih baik.

Pengakuan

Pengakuan adalah jenis autobiografi yang berisi kisah hidup seseorang tentang perbuatan salah dalam sebuah pengakuan. Sebagian orang lebih memilih membagikan cerita pengakuan kesalahannya melalui sebuah tulisan yang diharapkan dapat memperbaiki diri sendiri dan berharap pembaca dapat belajar dari kesalahannya.

Mengatasi Kesulitan

Autobiografi jenis ini berici cerita perjalanan kisah hidup yang mengerikan seperti kisah pembunuhan, perampokan, penyerangan, kemiskinan, kecelakaan, penyakit mengancam dan peristiwa menyedihkan lainnya yang bisa saja terjadi pada semua orang. Dengan membagikan cerita tersebut maka dapat membuat pembaca bisa mengambil inspirasi dan membantu penulis untuk mengekspresikan emosi untuk mengatasi kesulitan hidupnya.

Struktur Penulisan Autobiografi

Pada proses penulisan autobiografi terdapat struktur-struktur yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Berikut ini beberapa struktur autobiografi, antara lain:

  • Latar Belakang Keluarga
    struktur ini menjelaskan tentang keluarga inti dari tokoh yang akan diceritakan. Mulai menceritakan orang tua, tempat/ tanggal lahir, stri/ suami, anak, dan riwayat keluarga lainnya.
  • Latar Belakang Pendidikan
    struktur ini menjelaskan tentang jenjang pendidikan yang dicapai oleh tokoh itu sendiri, mulai dari nama sekolah, jenjang pendidikan, tahun ajaran, jurusan dan yang lainnya.
  • Latar Belakang Prestasi
    struktur ini menjelaskan tentang prestasi apa saja yang telah dicapai mulai dari masa kanak-kanak hingga dibuatnya autobiografi.
  • Latar Belakang Pekerjaan
    struktur ini menjelaskan tentang riwayat pekerjaan yang pernah anda lakukan, namun jika penulis masih seorang pelajar dan belum memiliki riwayat pekerjaan, maka step ini dapat ditinggalkan.
  • Latar Belakang Hasil Karya
    struktur ini menjelaskan tentang keberhasilan sebuat karya yang pernah tokoh buat, belum memiliki hasil karya, maka step ini dapat ditinggalkan.

Contoh Autobiografi Diri Sendiri

Namaku Fariza Ulfa, lahir di Pringsewu, 4 Mei 1998. Aku adalah anak ketiga dari tiga bersaudara, buah dari pasangan ayah Rojak dan ibu Melawati. Ulfa adalah panggilan akrabku, Aku terlahir dari keluarga yang sederhana. Ayah dan ibuku adalah seorang petani. Sejak kecil Ayah selalu menasehatiku agar rajin beribadah, bersikap jujur dan baik terhadap sesama.

Ketika berumur 6 tahun, aku mulai bersekolah di SDN 1 PRingsewu, Lampung, dan kemudian setelah lulus sekolah dasar, aku melanjutkan pedidikan di SMPN 1 Gadingrejo di tahun 2009. Selepas lulus SMP di tahun 2012 aku melanjutkan sekolah menengah atas di SMA 2 Gadingrejo.

Ketika menginjak tahun kedua di SMA, aku mengikuti perlombaan menulis cerpen antar SMA se-kota Lampung, dan ketika itu puisiku yang berjudul “Senja di ujung mata” menjadi juara 1 dalam perlombaan tersebut. Aku sangat gembira, hari itu menjadi hari yang tak akan pernah kulupakan dalam hidupku.

Momen pada saat namaku disebut oleh juri diatas panggung adalah momen yang tak terlupakan, apalagi ketika aku berjejer diatas panggung, disalami, diberi sebuah piagam penghargaan dan piala oleh bapak Gubernur saat itu.

Setelah peristiwa itu, semangatku dalam menulis semakin menggebu-gebu, aku berharap suatu hari nanti aku dapat menjadi penulis yang terkenal yang karya-karyanya selalu ditunggu-tunggu dan dapat menginspirasi orang lain.

Saat ini aku masih duduk di kelas XII SMA jurusan IPA,Selepas lulus SMA nanti, aku berencana melanjutkan kuliah di Jurusan Sastra Indonesia Universitas Lampung.

Itulah Autobiografi – Pengertian Autobiografi, Ciri-Ciri, Tujuan, Jenis dan Contoh Autobiografi, yang dapat anda jadikan sumber referensi. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.