Contoh Teks Eksplanasi Singkat dan Struktur Teks Eksplanasi Lengkap

Posted on

Contoh Teks Eksplanasi – Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa terjadi, baik peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, atau peristiwa lainnya. Tujuan teks eksplanasi yaitu untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dan menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa. Tentu kita sering membaca teks eksplanasi, seperti cerita gempa bumi, tsunami dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami berikan informasi tentan contoh teks eksplanasi.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki 3 struktur yang membentuk agar teks menjadi satu kesatuan yang utuh. Berikut ini Struktur teks eksplanasi, antara lain:

  • Pernyataan umum, berisi pernyataan umum mengenai topik yang akan dijelaskan dan proses terjadinya peristiwa.
  • Urutan Sebab Akibat, berisi tentang detail terjadinya peristiwa yang dijelaskan secara berurutan dari tahap awal hingga akhir.
  • Interprestasi, berisi tentang kesimpulan dari topik yang dijelaskan.

Contoh Teks Eksplanasi


1. Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Pernyataan Umum:

Longsor adalah peristiwa geologi yang dihasilkan dari gerakan masa batu atau tanah dengan jenis dan tipe yang berbeda seperti runtuhnya gumpalan tanah besar atau batu jatuh. Biasanya terjadinya tanah lonsor dicipu oleh 2 faktor pemicu dan faktor pendorong.

Faktor pemicu adalah penyebab bergeraknya material yang menyebabkan longsor, sedangkan Faktor Pendorong adalah faktor yang mempengaruhi keadaan material. Meskipun adanya faktor penyebab terjadinya longsor, penyebab utamanya tetap karena adanya gravitasi yang mempengaruhi lereng yang curam.

Urutan Sebab Akibat:

Negara kita sering menderita longsor, terutama disebabkan oleh gempa bumi dan hujan lebat. Gempa ini menyebabkan gerakan bawah tanah piring sehingga tanah bergeser.

Proses pertama terjadinya longsor yaitu akibat rembesan air hujan ke dalam tanah sehingga mempengaruhi beban dalam tanah sehingga akan berada dibatas maksimal dalam mengandung air.

Selanjutnya terjadi perubahan tekstur tanah, ketika saat air menembus ke bagian tanah yang kedap air maka menyebabkan tanah menjadi licin, sehingga akan terjadi pergerakan tanah yang sangat cepat.

Proses tersebut menyebabkan permukaan tanah mengalami pelapukan, hingga terjadi pada struktur lapisan tanah dibawahnya sampai kedasar tanah. Hal inilah yang menjadi penyebab tanah bergerak lalu keluar lereng hingga terjadi tanah longsor.

Kesimpulan / Penutup (Interpretasi)

Peristiwa tanah longsor menyebabkan kerugian besar, mulai dari kerusakan rumah, memutuskan akses kendaraan, kerugian harta benda dan korban jiwa.

Hal ini disebabkan karena peristiwa tanah longsor terjadi sangat cepat sampai 100km/jam, sehingga sangat jarang sekali orang yang mampu menyelamatkan diri.

Sedangkan pada korban selamat biasanya akan mengalami trauma mendalam. Karena itulah segera lari menjauh ke dataran yang stabil ketika mendengar suara gemuruh didekat daerah tebing atau jurang.


2. Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Pernyataan Umum:

Tsunami berasal dari bahasa Jepang dari dua suku kata “tsu” (pelabuhan) dan “nami” (gelombang). Para ilmuwan menafsirkan dengan sebutan tidal wave (gelombang pasang) atau seismic sea waves (gelombang laut yang disebabkan oleh gempa bumi).

Tsunami adalah gelombang laut yang datang tiba-tiba dengan kecepatan tinggi menuju daerah pantai, karena aktivitas gunung berapi atau gempa bumi bawah laut.

Urutan sebab dan akibat:

Ketika gempa terjadi dan permukaan dasar laut naik turun di sepanjang patahan maka saat itulah tsunami mulai terbentuk. Patahan tersebut menyebabkan keseimbangan air laut menjadi terganggu dan patahan yang besar menghasilkan gelombang yang besar.

Tak lama setelah gempa terjadi, air laut mulai mengalami surut. Dan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar (tsunami).

Tsunami juga terjadi karena letusan gunung berapi di dasar laut yang menyebabkan pergerakan air laut atau perairan didekatnya.

Gelombang tsunami memiliki kecepatan lebih tinggi dari gelombang normal. Bahkan hingga 700 kmh dan hampir sama dengan kecepatan pesawat.

Biasanya, ketinggian gelombang tsunami bisa mencapai 50-100 meter dan menyebar ke segala arah. Ketinggian tsunami juga dipengaruhi oleh bentuk dan kedalaman pantai. Oleh karena itu gempa di dasar laut sangat mungkin untuk terjadinya tsunami.

Kesimpulan / Penutup: (Interpretasi)

Bahkan, tsunami telah menjadi salah satu peristiwa alam yang berbahaya bagi manusia karena dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan bahkan bisa merenggut ribuan nyawa.

Oleh karena itu, kita harus waspada setiap saat dan mempersiapkan diri untuk bencana tsunami. Walaupun semua gempa bumi dan letusan gunung berapi di dasar laut bisa menyebabkan tsunami.


3. Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

pernyataan umum:

Pelangi adalah peristiwa alam yang terjadi karena adanya pembiasan cahaya matahari oleh tetesan air. Pelangi memiliki berbagai warna yang sejajar dan tampak di langit, pelangi juga dianggap sebagai fenomena optik.

Umumnya, pelangi berbentuk busur, dan masing-masing titik akhir mengarah pada titik yang berbeda. Pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujung mengarah pada horizon pada saat hujan ringan. Pelangi juga sering muncul disekitar daerah air terjun yang deras.

Urutan sebab dan akibat:

Rainbow muncul karena cahaya dibiaskan dan dibelokkan menjauhi partikel. Ketika matahari terbenam langit akan merah karena sinar matahari melewati atmosfer tebal yang lebih tebal dibandingkan matahari disiang hari.

Pelangi tidak akan terlihat di malam hari dan saat langit berawan, dengan demikian menyatakan bahwa pelangi merupakan fenomena alam akibat pembiasan cahaya.

Awalnya sinar matahari melewati tetes hujan kemudian dibiaskan/dibelokkan ke tengah hujan sehingga membuat cahaya putih berubah menjadi warna spektrum.

Kesimpulan / Penutup: (Interpretasi)

Pelangi dapat terlihat pada saat hujan dan matahari bersinar dari sisi berlawanan dengan arah kita menghadap. Warna indah dari pelangi terdiri dari merah, oranye, kuning, hijau biru, nila, ungu.


4. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir

Pernyataan Umum:

Banjir merupakan peristiwa yang terjadi akibat kelebihan aliran air yang merendam daratan. Biasanya, banjir datang tiba-tiba dan mengalir deras sehingga menghanyutkan benda-benda. Banjir dapat menyebabkan berbagai masalah seperti permasalahan ekonomi, sosial dan kerusakan infrastruktur yang ada.

Urutan sebab dan akibat:

Seperti yang kita ketahui, terjadinya banjir akibat ada beberapa faktor penyebab. Penyebab pertama yaitu akibat hujan deras disuatu daerah sehingga sungai tidak sanggup lagi menampung kapasitas air seperti biasanya hingga air meluap dan menyebabkan banjir.

Sampah yang dibuang sembarangan oleh manusia di sungai juga dapat menyebabkan banjir karena aliran air dari sungai diblokir dan terhambat.

Hutan yang gundul akibat pembalakan liar juga menyebabkan timbulnya banjir. Hal ini karena, akar pohon yang berfungsi sebagai penyerap air sudah tidak ada. Sehingga air tidak dapat terserap dalam tanah dan akan menggenang di daratan.

Seperti di kota besar seperti Jakarta, ada banyak pemukian warga yang berada dipinggir sungai yang kerap menjadi langganan banjir. Pemukiman yang berada dipinggir sungai dapat menjadi salah satu penyebab datangnya banjir karena tanah bisa saja longsor dan menutupi sisi sungai.

Selanjutnya, faktor lain yang menyebabkan banjir karena adanya bendungan jebol karena lingkungan yang kurang terawat. Selain itu bendungan jebol bisa jadi karena hujan sehingga aliran air meningkat.

Kesimpulan / Penutup: (Interpretasi)

Dampak yang disebabkan oleh banjir dibagi menjadi tiga, yaitu dampak primer, sekunder dan tersier.

Dampak Primer seperti kerusakan mobil, bangunan, jembatan, jalan raya.
Dampak Sekunder seperti ketersediaan pasokan air, penyakit, pertanian dan ketersediaan pangan, transportasi, pohon-pohon.
Dampak Tersier seperti ekonomi sulit karena penurunan jumlah wisatawan, kelangkaan makanan, biaya rekonstruksi.

Karena itulah, kami mengajak anda untuk lebih tertib membuang sampah, jangan sampai sampah yang kita buang menyebabkan banjir yang justru memberikan efek kembali ke diri kita masing-masing.


5. Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Pernyataan Umum:

Gunung meletus adalah fenomena alam yang terjadi akibat adanya endapan magma perut bumi yang disemburkan oleh gas dengan kekuatan besar.

Selain tsunami, letusan gunung berapi juga menjadi bencana yang mengerikan dan dapat menyebabkan banyak korban.

Urutan sebab dan akibat:

Dapat dikatakan bahwa hampir semua gunung berapi berkaitan dengan daerah pergempaan aktif, hal ini karena daerah tersebut berkaitan langsung dengan batas lempeng bumi. Peritiwa alam gunung meletus diawali dengan adanya perubahan pada tekanan batas lempeng bumi dan perubahan drastis pada suhu.

Tekanan lempeng bumi dan perubahan suhu menyebabkan batuan disekitar meleleh yang biasa disebut dengan magma atau cairan pijar. Magma tersebut selanjutnya mengintruksi material disekitar melewati rekahan-rekahan menuju permukaan bumi.

Sampai-sampai dikedalaman yang relatif dalam dan suhu yang sangat tinggi tidak hanya melelehkan magma namun melelehkan seluruh material yang ada dalam perut bumi.

Disaat itu juga akan muncul gas yang bercampur dengan magma. Magma yang keluar saat gunung meletus terbentuk pada kedalaman 60-160 KM di bawah permukaan bumi.

Kemudian, campuran gas dengan magma berada di bawah batuan padat yang ada di sekitar kawah. Sehingga tekanan gas dan magma bergerak ke permukaan bumi dan meledak secara bersamaan.

Selanjutnya membentuk lubang utama. Karena faktanya sebagian besar magma dan material vulkanik lainnya menyembur melalui lubang utama ini.

Ketika semburan magma terhenti maka biasanya pada puncak gunung terbentuk kawah yang mirip mangkuk dengan lubang utama didasar kawah.

Ada dampak positif dan negatif yang disebabkan oleh letusan gunung berapi. Dampak negatif terbesar dari bahaya terlihat bagi manusia dan makhluk hidup di sekitar.

Karena memancarkan gas beracun, awan panas, debu vulkanik dan bebatuan yang keluar dari gunung. Setelah letusan erupsi berakhir ada kemungkinan terjadi hujan lahar, kerusakan lahan pertanian dan perkebunan.

Sejarah bahkan mencatat bencana alam letusan gunung berapi pernah menewaskan ribuan orang dan menyebabkan perubahan iklim dunia.

Meskipun dampak positif dapat dilihat bahwa tanah di daerah gunung berapi menjadi subur, material yang muncul akibat letusan bisa menjadi sumber mata pencaharian penduduk, sumber daya air, wisata alam dan energi panas bumi.

Kesimpulan / Penutup: (Interpretasi)

Sejauh ini, gunung berapi masih menjadi hal yang menakutkan bagi manusia. Karena gunung berapi dapat menyebabkan pembentukan pulau dan danau, bahkan dapat menutupi atmosfer bumi yang menyebabkan perubahan suhu ekstrim.

Untuk ini, kita harus berhati-hati untuk memperingatkan skema gunung berapi di Indonesia yang diberikan oleh BMKG. Jadi kita bisa menentukan waktu yang tepat untuk melakukan evakuasi ketika terjadi letusan gunung berapi di sekitar wilayah kita.


6. Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran

Pernyataan Umum

Pengangguran adalah kejadian sosial yang berkaitan dengan masalah pekerjaan di masyarakat. Sebenarnya sudah banyak usaha yang dilakukan untuk memecahkan masalah ini, namun nyatanya belum juga bisa mengatasi masalah ini.

Pengangguran tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi di hampir semua negara. Beberapa orang mengatakan bahwa pengangguran adalah orang dewasa yang tidak bekerja dan sedang mencari pekerjaan atau yang tidak memiliki pekerjaan formal dan tidak ada penghasilan.

Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan definisi tentang pengangguran yaitu orang yang bekerja kurang dari 1 jam per minggu.

Urutan sebab dan akibat

Salah satu faktor dasar penyebab pengangguran adalah kesenjangan antara pencari kerja dan kesempatan kerja. perubahan struktural dalam perekonomian juga menjadisalah satu penyebab pengangguran.

Jadi, perubahan ini menyebabkan kebutuhan tenaga kerja dengan tingkat keahlian yang berbeda. Sementara pencari kerja tidak dapat menemukan pekerjaan karena tidak memenuhi persyaratan. Dan tidak sedikit pengangguran juga disebabkan oleh pemutusan hubungan kerja bagi karyawan dan pekerja.

Pengangguran telah mengakibatkan berbagai masalah ekonomi dan sosial. Karena itu, ketika tingkat pengangguran banyak, tentu akan ada kekacauan sosial, jumlah peningkatan dan lebih tinggi potensi penjahat gelandangan.

Kesimpulan / Penutup: (Interpretasi)

Jadi pengangguran merupakan masalah utama yang harus segera diatasi. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kondisi lapangan pekerja. Selain itu, meningkatkan lulusan yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran.

Atau kita dapat memberikan keterampilan yang cukup untuk mereka, sehingga mereka dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. Dan berbagai cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi pengangguran.


7. Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Pernyataan Umum :

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi akibat perpindahan atau pergerakan lapisan batuan bumi yang berasal dari permukaan bumi.

Kejadian alam ini sering terjadi di daerah dekat gunung berapi atau gunung yang masih aktif dan di daerah yang dikelilingi oleh lautan luas.

Penjelasan Sebab Akibat:

Gempa bumi terjadi karena perubahan atau gerakan lapisan dasar bumi dan letusan gunung berapi yang sangat kuat. Selain itu, gempa berlangsung begitu cepat dengan dampak yang sangat signifikan terhadap lingkungan.

Getaran gempa besar dan menyebar ke segala arah sehingga dapat meratakan bangunan dan memakan banyak korban. Berdasarkan penyebab, gempa bumi dapat digolongkkan menjadi dua jenis: gempa vulkanik dan tektonik.

Gempa tektonik terjadi karena kerak bumi menjadi lunak sehingga mengalami perpindahan atau gerakan. Teori “Piring tektonik” menjelaskan bahwa bumi kita terdiri dari beberapa lapisan buatan.

Sebagian besar kerak di dilapisan ini akan hanyut dan mengapung dilapisan, seperti salju. Lapisan ini bergerak sangat lambat sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lain.

Sementara itu, gempa vulkanik terjadi karena letusan gunung berapi yang sangat besar. Gempa vulkanik terjadi lebih jarang daripada gempa bumi tektonik.

Kesimpulan / Penutup: (Interpretasi)

Gempa bumi dapat terjadi setiap saat terlepas dari jenis musim apapun. Namun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu, seperti batas lempeng Pasifik. Tempat ini dikenal sebagai cincin api karena ada banyak gunung berapi.


8. Contoh Teks Eksplanasi Sampah

Pernyataan Umum :

Sampah adalah elemen atau benda yang tidak lagi digunakan dan keberadaannya mengganggu kesehatan dimasyarakat. Sampah dibagi menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan anorganik.

Sampah organik adalah jenis sampah biodegradable seperti sayuran, daun kering dan sisa makanan. Sampah ini dapat diperlakukan sebagai pupuk atau kompos untuk tanaman.

Sampah anorganik adalah sampah yang tidak biodegradable seperti plastik, botol, kaleng, dan sebagainya. Salah satu cara untuk meminimalkan sampah anorganik yaitu dengan didaur ulang dalam suatu objek yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Sebab Akibat :

Sampah merupakan salah satu fenomena yang sering kita jumpai dalam masyarakat. Awalnya sampah yang bertebaran di sekitar kita tampak biasa saja, tetapi sampah memberikan dampak besar. Sebagai sarang penyakit, banjir dan tanah longsor.

Sampah yang tersisa dan menumpuk dapat menyebabkan bau yang mencemari udara yang akan membawa penyakit seperti diare dan demam berdarah.

Selain itu sampah juga bisa membawa bencana seperti banjir dan tanah longsor. Limbah dibuang di sungai setiap saat, akan membuat air sungai menjadi sulit mengalir, dan menyebabkan sungai banjir.

Jika banjir, tentu saja akan sulit bagi kita untuk melakukan aktivitas. Selain itu, banjir yang sangat besar dapat menyebabkan tanah longsor.

Kesimpulan / Penutup (Interpretasi):

Banyak dampak yang bisa dirasakan jika kita masih membuang sampah sembarangan. Untuk itu, kita sebagai makhluk sosial yang ingin hidup sejahtera, mari kita bersama-sama menjaga lingkungan kita.

Dari hal-hal terkecil, seperti membuang sampah pada tempatnya. Sampah organik dapat diubah menjadi pupuk atau kompos untuk tanaman dan sampah anorganik dapat diolah kembali sebagai barang yang memiliki nilai jual kembali yang sangat tinggi.


9. Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Pernyataan Umum

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Kita sebagai warga negara harus prihatin bahwa Indonesia tidak mampu memegang teguh budaya dari cengkeramannya. Meskipun budaya kita termasuk budaya tidak modern, kita tetap harus melestarikan dan memberitahu kepada negara-negara lain. Budaya Indonesia mulai terpinggirkan oleh budaya yang datang dari Barat. Sehingga budaya Indonesia banyak diakui oleh negara-negara lain.

Penjelasan:

A. Penjelasan 1

Pertama, budaya Indonesia adalah budaya terbanyak dan terbesar di dunia, dari Sabang Merauke. Dari ujung timur ke ujung barat dengan hamparan ribuan pulau. Untuk dapat mempertahankan budaya kita perlu memahami apa makna dari budaya.

B. Penjelasan 2

Kedua, untuk menyoroti budaya kita agar tidak ada klaim lagi dari negara-negara lain, kita harus belajar tentang bagian dari budaya kita dengan cara mengenakan pakaian tradisional pada hari-hari tertentu.

C. Penjelasan 3

Selain itu, agar negara-negara lain tidak sewenang-wenang terhadap budaya kita, kita harus bertindak tegas untuk negara-negara lain.

D. Penjelasan 4

Kita harus bangga dengan bangsa kita yang memiliki karakteristik etnis dan budaya yang beragam,dengan cara mempelajari budaya Indonesia dengan baik, meninggalkan budaya negatif di luar sehingga negara kita tetap tinggi dengan kebudayannya. Kita boleh belajar budaya Barat asalkan telah disaring terlebih dahulu sesuai dengan budaya Indonesia dan masih melestarikan budaya Indonesia.

Interpretasi
Setelah melihat beberapa alasan kami sepakat segala sesuatu bahwa orang Indonesia harus belajar melestarikan budaya Indonesia agar kebudayannya tidak hilang dan di klaim oleh negara lain.

10. Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tentang Musik Dangdut

Dangdut adalah salah satu musik asli dari Indonesia, yang dinikmati oleh semua usia. Musik ini telah berkembang sejak orde lama hingga saat ini. Dangdut jenis musik sering digabungkan dengan jenis musik lain sehingga musik dangdut semakin bervariasi.

Ciri utama musik dangdut adalah seruling bambu dan kendang. Selain itu, penyanyi dangdut harus mampu menguasai teknik yang identik dengan musik melayu. Dangdut berkembang hampir dipelosok nusantara, tapi saat ini masih ada beberapa pertunjukan dangdut yang tidak mengutamakan seni tapi menonjolkan si penyanyi dengan pakaian minim dan tarian yang berlebihan.

Namun, musik dangdut yang demikian lebih banyak diminati oleh masyarakat baik secara langsung atau dunia maya. Bahkan, mirisnya banyak juga anak-anak yang menonton pertunjukkan dengan leluasa. Padahal pertunjukkan tersebut dapat memberikan dampak negatif untuk psikologi anak dan merusak citra musik dangdut.

Jika musik dangdut disajikan dengan cara yang selalu menonjolkan nilai negatifnya maka musik dangdut akan terus berkembang ke arah negatif, dan lambat laun musik dangdut akan kehilangan jati dirinya. Musik dangdut yang pada awalnya bertujuan untuk menyatukan negara malah menjadi musik yang sarat dengan unsur negatif dengan menjual penampilan dari penyanyi.

Karena itulah, kiri para musisi dangdut papan atas sedang berusaha untuk memperbaiki citra dangdut yang rusak. Dapat dilihat saat ini penampilan penyanyi dangdut dikemas lebih berkelas dan modern. Selain itu, goyangan juga sedikit di hindari terutama saat siaran di televisi nasional. Bagaimanapun Dangdut adalah identitas nasional.

Itulah Contoh Teks Eksplanasi Singkat yang dapat anda jadikan sumber referensi. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.